Pekerjaan Paling Cocok Untuk Mahasiswa

0
Source: UNJKita.com

Mahasiswa adalah pelajar yang memiliki waktu luang disisa jam kuliahnya. Berbeda dengan siswa SMA dan sederajat yang masih memperoleh segala keperluan dari orang tua. Mahasiswa di hadapkan dengan tantangan bagaimana memperoleh uang dari  jerih keringat sendiri kendatipun masih memiliki dana yang cukup dari orangtua. Memiliki skill dalam memperoleh uang bagi mahasiswa memiliki kepuasan tersendiri sebagai bukti bahwa semakin matangnya seorang mahasiswa tersebut.

Namun, berhubung mahasiswa memiliki kesibukan dan image yang berbeda dengan karyawan bebas lainnya. Tidak semua pekerjaan cocok dan layak digeluti oleh mahasiswa. Selain usia dan pengalaman, waktu yang fleksibel menjadi syarat mutlak agar jam kuliah tidak dikorbankan. Berikut beberapa pekerjaan yang penulis nilai cocok bagi para mahasiswa;

 

5. Jualan Pulsa

Pulsa sudah menjadi kebutuhan pokok bagi mahasiswa. Agar mahasiswa tidak ketinggalan informasi dari dosen dan teman-teman kuliahnya, mereka membutuhkan pulsa sebagai pendukung lancarnya komunikasi baik dalam bentuk via telpon ataupun media sosial. Selain itu, menjual pulsa tidak menyita waktu belajar mahasiswa, mereka masih bisa bertransaksi walaupun berada didalam kelas. Bahkan ketika malam tiba, mahasiswa bisa membuka kios pulsa kecil-kecilan yang hanya bermodalkan meja dan lampu dipinggir jalan.

4. Translator

                Bahasa baik itu bahasa inggris ataupun bahasa arab memiliki momok menakutkan bagi para mahasiswa yang buta akan bahasa asing. Belum lagi ada lowongan kerja tertentu yang meminta lamaran dalam bentuk bahasa asing menjadikan pekerjaan translate sering dicari orang. Bagi mahasiswa yang memiliki kemampuan berbahasa tentu ini merupakan lahan basah yang patut dicoba. Selain memperoleh uang saku, dengan bekerja sebagai translator mahasiswa akan semakin mengasah kemampuan berbahasanya. Semakin banyak ia bekerja maka semakin sempurna kosa kata yang ia miliki.

3. Designer Grafis

                Desain Grafis adalah pekerjaan paruh waktu yang membutuhkan skill unik dan kreatif. Mahasiswa yang bekerja pada bidang ini biasanya berasal dari jurusan informatika, tehnik informatika, fisika, MIPA dan jurusan lainnya. Akan tetapi, jurusan bukan lagi alasan seorang mahasiswa tidak mampu melakukan desaign grafis. Banyak ditemukan saat ini mahasiswa yang ahli design secara autodidak (belajar sendiri) sehingga pekerjaan ini layak dan elegan bagi mahasiswa.        

2. Jurnalis

Mahasiswa sangat layak memiliki pekerjaan Jurnalis sebagai pengisi waktu luang. Hal ini tidak hanya membantu kebutuhan finansial melainkan juga sejalan dengan hakikat dan eksistensi mahasiswa sebagai etnis yang aktif didunia tulis menulis. Mahasiswa yang aktif sebagai jurnalis akan memiliki keterampilan dalam menyusun dan menulis dengan baik dan benar yang pada akhirnya mempermudah mahasiswa tersebut dalam menyelesaikan tugas akhir, Skripsi.

1. Mengajar di Bimbel

                Sudah tidak asing lagi bila seorang mahasiswa memiliki keterampilanmengajar khususnya pada bimbel-bimbel dimana kota ia melaksanakan kuliahnya. Mengajar bimbel dianggap pekerjaan yang paling layak bagi mahasiswa dan sudah seperti jalan hidup seorang mahasiswa. Mengajar di Bimbel sangat efektif dalam menjaga keilmuan mahasiswa. Mahasiswa yang mengajar, biasanya akan lebih percaya diri, energik, dan berpengalaman tampil didepan orang lain. Hal ini tentu sangat membantu mahasiswa baik dalam konteks finansial, study keilmuan, dan mentalitas diri.