Pengusaha Kreatif Aceh Ikut Bersaing dalam Trade Expo Indonesia (TEI) 2017

0
Source: youtube.com

Baru-baru ini tepatnya tanggal 11 Oktober 2017 Presiden Jokowi membuka secara resmi TEI (Trade Expo Indonesia) 2017 di ICE BSD, Tanggerang yang kabarnya diikuti oleh beragam jenis usaha kreatif serta 66 negara turut berpartisipasi di dalamnya. Pameran TEI merupakan pameran dagang terbesar di Indonesia, dan untuk saat ini merupakan yang ke-32 kalinya yang dimulai sejak tanggal 11 Oktober hingga15 Oktober 2017.

Berdasarkan data yang masuk, tercatat ada sekitar 6.000 pembeli dari puluhan negara yang akan memberikan penawaran permintaan untuk pameran tahun ini. Adapun jenis produk yang masuk dalam katagori beberapa diantaranya adalah produk makanan dan minuman, produk jasa dan manufaktur, furnishing, furniture, dan furniture taman.

Sebagai aset peningkatan ekonomi dan bisnis Indonesia ini, diprediksi TEI memiliki target transaksi senilai 1,1 miliar Dolar atau setara dengan 14 triliun rupiah. Sebelumnya TEI 2016 sukses memperoleh target pasar sebesar 1,02 miliar Dolar dengan jenis funiture dan kopi yang memiiki aset penjualan terbanyak.

Aceh dengan beragam pesona kreatifnya tidak ketinggalan dalam pesta pameran internasional ini. Salah satu dari pengusaha Aceh yang ikut bersaing diantaranya; Kraftologie, Ija Kroeng, Rattan Furniture dan Salman Rotan accessories serta Biro Humas Pemerintah Aceh.

Ini adalah momentum penting, sudah saatnya Aceh menunjukkan taringnya sebagai daerah penghasil produk ekonomi kreatif yang tidak kalah dari daerah Indonesia lainnya. Tentunya dukungan dari segala pihak, khususnya masyarakat Aceh sangat diharapkan guna meningkatkan pasar perekonomian di Aceh yang masih tergolong kecil bila dibandingkan daerah maju lainnya.