Pulau Rubiah Sabang: Dengan Pesona Bawah Laut Nya

0
Source: khairulmtm.com

Jika anda suka dengan kegiatan snorkeling dan diving maka ada tempat yang menawarkan pemandangan bawah laut yang indah di Aceh. Tempat ini juga tidak kalah menariknya dengan tempat-tempat yang terkenal seperti Wakatobi-Sulawesi Utara, Raja Ampat-Papua, Pulau Lengkuas-Bangka Belitung, dan Lain-lain untuk melakukan kegiatan snorkeling dan diving.

Provinsi Aceh sebenarnya memiliki tempat wisata yang patut dibanggakan, salah satunya adalah Pulau Rubiah. Pulau Rubiah berada di ujung barat Pulau Sumatera, menawarkan pesona keindahan bawah lautnya. Pulau ini memiliki luas kurang lebih 26 Hektar. Karena pesona kekayaan bawah lautnya tersebut Taman Laut Rubiah atau Sea Garden of Rubiah dijuluki sebagai surganya para penyelam.

Pulau Rubiah adalah bagian dari Kota Sabang, tepatnya berada disebelah barat laut Pulau Weh. Pulau ini hanya berjarak sekitar 250 meter dari Pantai Iboih Aceh. Pada masa kejayaan Kerajaan Aceh, Pulau Rubiah merupakan tempat transit bagi calon jamaah haji, dan pada masa perang dunia pulau ini merupakan benteng pertahanan yang sampai sekarang masih terlihat puing-puing benteng tersebut. Namun sekarang ini, seiring perkembangan dunia wisata, Pulau Rubiah dijadikan tujuan wisata bagi para penyelam.

Rubiah sendiri berasal dari nama Nyak Rubiah, salah satu keramat dari 44 keramat yang menjaga Kota Sabang. Keindahan bawah laut pulau ini tidak diragukan lagi, banyak wisatawan yang datang sekedar untuk berenang atau bermain dengan ikan-ikan yang cantik.


credit image: acehplanet.com

Pulau ini merupakan pulau yang tidak berpenghuni. Walau begitu, di pulau ini masih terdapat sebuah warung-warung kecil yang menjual makanan dan minuman. Pulau ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Pulau Rubiah dengan taman lautnya menawarkan pesona keindahan alam bawah laut yang dapat memukau bagi siapa saja yang mengunjunginya.  Anda akan menemui berbagai macam spesies ikan tropis seperti angel fish, gigantic clams, school of parrot fish, lion fish dan sebagainya. Terdapat juga berbagai jenis terumbu karang. Untuk bisa menikmati keindahan alamnya, Anda tidak harus memiliki lisensi menyelam. Karena di pulau ini, terdapat banyak spot penyelaman yang aman digunakan untuk aktivitas menyelam bagi pemula atau penyelam yang belum memiliki lisensi.

Selain sebagai tujuan wisata, Pulau Rubiah merupakan tempat penelitian biota laut. Terdapat 15 jenis biota laut yang dilindungi oleh pemerintah Indonesia. Setelah lelah melakukan kegiatan menyelam atau snorkeling, Anda dapat memanjakan perut Anda di warung makan satu-satunya yang terdapat di pulau ini. Untuk masalah fasilitas dan akomodasi, Pulau Rubiah memang masih sangat minim, karena pulau ini masih belum berpenghuni.

Sumber:  gosumatra.com