Rahasia Suksesnya Hermes Palace Hotel

0
Source: agoda.com

Sukses adalah sebuah istilah yang dipahami sebagai suatu indikator keberhasilan tujuan dan target seseorang. Sukses kerap menjadi impian semua orang kendatipun target kesuksesan setiap individu berbeda-beda tergantung impian dan pola fikir masing-masing.

Di Banda Aceh, salah satu sarana dan prasarana yang sangat dikenal adalah Hotel Hermes Palace. Sejauh ini, penulis menilai bahwa hotel yang terletak di Jl.P.Nyak Makam, Lampineng tersebut merupakan hotel terbaik di Banda Aceh mengingat hampir seluruh tamu-tamu besar seperti presiden, mentri, dan tokoh nasional Indonesia lainnya akan menjadikan Hermes Hotel sebagai tempat penginapan bila menggelar kegiatan tertentu di Banda Aceh.

Suksesnya suatu perusahaan tidak terlepas dari aktor penting dibelakangnya. Mereka yang rela berfikir lebih keras dan mengurangi jatah tidurnya hanya untuk berupaya agar apa yang dirintisnya akan semakin maju dan berkembang. Begitu pula dengan Hotel Hermes yang tentunya memiliki pekerja yang profesional dan berpengalaman, salah satunya adalah pimpinan dan para karyawannya.

Berdasarkan hasil wawancara Muhammad Ridha Aulia (mahasiswa UIN Ar-Raniry), menurut  Direktur Manager Hermes Palace Hotel, kerja keras adalah penentu sukses tidaknya seorang pengusaha. Sementara do’a tidak terlalu mempengaruhi hasil usaha karena baginya Tuhan memiliki cara tersendiri dalam membalas do’a hambanya, bisa berarti balasan didunia atau ganjaran kebaikan diakhirat. Sementara usaha lebih realistis dan beralasan bagi Tuhan untuk mewujudkan rezeki bagi hambanya.

Bagi pengusaha asal Riau ini, peran ibadah tidak terlalu mempengaruhi hasil usaha seseorang. Baginya, seorang pengusaha sukses yang gencar beribadah bukan untuk memperoleh kesuksesan usahanya melainkan sebuah panggilan spiritual seorang pengusaha untuk mengisi kekosongan jiwa dan agamanya. Jadi ibadahnya seorang pengusaha bukan dilatar belakangi untuk lebih sukses melainkan penyeimbang antara sisi duniawi dan ukhrawinya.

Pengelola Hermes Palace ini merupakan orang kepercayaan Hermes Tamrin (pemilik Hermes Palace Hotel), ia berpendapat bahwa apabila seorang pengusaha ingin sukses, maka mereka harus bekerja lebih banyak 2x dibandingkan para pengusaha lainnya. Apabila seorang pengusaha sudah berkerja keras semaksimal mungkin, bahkan 2 sampai 3 kali lebih banyak dari pengusaha lain maka mereka pasti akan merasakan hasil (omset) yang lebih dari sebelumnya. Jika tidak, berarti pengusaha tersebut harus lebih banyak bersedekah.

Menurut Syafrial Munas, dampak sedekah itu sebuah kepastian. Sama seperti sepidol yang dilempar ke atas pasti akan jatuh kebawah. Begitu pula halnya bila seseorang melakukan sedekah. Ia tidak akan kehilangan hartanya, malah sebaliknya ia akan dimudahkan rezekinya. Sama seperti beberapa pengusaha terkaya di dunia.  Mereka menyedekahkan antara 50% hingga 99% hartanya untuk kepentingan kaum kurang mampu. Seharusnya mereka akan semakin miskin, akan tetapi justru mereka semakin kaya dan tidak kekurangan hartanya. Bahkan tetap masuk nominasi jajaran orang terkaya di dunia.

Terispirasi dari keajaiban sedekah itulah sehingga Syafrial Munas selaku pengambil kebijakan di Harmes Palace Hotel kerap mengadakan acara makan gratis untuk anak yatim dan masyarakat kurang mampu. Atas nama Herme Palace mereka juga sering menyedekahkan perlengkapan-perlengkapan untuk kaum miskin seperti bantal, kasur, dan beberapa item lainnya.