Sajian Lemang, Tradisi Kuliner Maulid Nabi di Aceh Pidie

0
Source: tidakbiasa.com

Aceh merupakan daerah yang sangat menghargai dan menghormati hari besar keislaman, salah satunya perayaan Maulid Nabi Muhammad Saw. Beragam agenda dan ragam perayaan senantiasa digelar sebagai refleksi bahwa warga Aceh sangat mencintai utusan Allah Swt tersebut.

Sebagian komunitas mengadakan perayaan dengan menggelar zikir yang biasanya dilengkapi dengan ceramah keagamaan. Ada juga yang menyantuni anak yatim dengan melaksanakan kenduri Kuah Belangong dan makanan pendukung lainnya. Lokasi pelaksanakan juga feksibel, ada yang meggelarnya di menasah atau masjid, adapula yang melaksanakannya di rumah masing-masing.

Khusus daerah Pidie, sajian yang menjadi keunikan dan familiar ditemukan adalah kuliner lemang. Lemang merupakan makanan tradisional berupa ketan yang dimasak dengan cara dibakar di dalam bambu. Menurut sejarah, bagi warga Tangse memasak lemang bukan sekedar menu kuliner semata, lebih dari itu, merupakan tradisi dan warisan budaya ketika memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw.

Memasak lemang itu sendiri tidak bisa dilakukan oleh sembarangan orang, butuh skill khusus agar ketan yang diolah sedemikian rupa tidak mentah atau keras. Tak jarang, bagi segelintir orang lebih memilih untuk membeli lemang pada ahlinya agar tradisi sajian lemang tetap eksis di hari besar umat Islam.