Salah Satu Pendiri MySQL Berkunjung ke Markas Aceh.Net

0
Source: Aceh.net Team

Pagi ini (16/3) Terje Langerud dalam kunjungannya ke Indonesia menyempatkan diri untuk berkunjung ke kantor Aceh.net yang merupakan salah satu pengembang beberapa start-up di Indonesia, tepatnya di Banda Aceh.

Chief Technology Officer Aceh.net, Aslan Saputra mengatakan bahwa kunjungannya ke kantor Aceh.net adalah untuk berbagi pengalamannya selama berkecimpung di dunia bisnis teknologi, termasuk tentang sejarah berdirinya MySQL sebagai database yang paling populer digunakan saat ini.

"Mr. Terje punya wawasan yang luas soal bisnis start-up ini dan paparannya membuat kami lebih termotivasi dan bisa berpikir luas untuk mengembangkan bisnis Aceh.net," tutur Aslan.

Mr. Laugerud adalah salah satu tokoh penting Scandinavian Venture Capitalis yg mana pada tahun 2001 mengkoordinasi pembentukan database populer MySQL (Relational database management system). Terje menginjeksi dana besar-besaran untuk pengembangan database system yg diciptakan oleh Michael Widenius, David Axmark dan Allan Larsson pada tahun 1995.

Pada tahun 2003 dia dan tim mengundang Benchmark, sebuah perusahaan ventur kapital Amerika untuk ikut serta investasi di MySQL. Benchmark terkenal sebagai salah satu perusahaan keuangan yg membesarkan startup seperti Dropbox, Twitter, Uber, Snapchat, dan Instagram.

Pada tahun 2008-2010 Terje dan venture capitalist lainnya menjual penuh saham di MySQL ke Oracle.

Setelah Terje melepaskan saham-sahamnya di MySQL dan juga beberapa perusahaan IT ternama lainnya, ia dan beberapa partnernya dari berbagai latar belakang bisnis putar haluan untuk berinvestasi di bidang Geothermal Energy. Dia sekarang adalah CEO Green Energy Geothermal (GEG) yang berpusat di London.