Ujung Dollar Destinasi Baru di Pulau Simeuleu

0
Source:

Meskipun sudah banyak wisatawan asing yang pernah menikmati keindahan alam bawah laut Ujung Dollar, tetapi destinasi wisata satu ini belum banyak dikenal oleh kalangan pencinta alam laut Indonesia. Ujung Dollar merupakan salah satu destinasi wisata laut yang terletak di Desa Lewak, Kecamatan Alafan, Kabupaten Simeulue.  Dalam sejarahnya, penamaan Ujung Dollar berkaitan erat dengan banyaknya hasil komoditi laut Ujung Dollar.

Sekitar tahun 1970, berbagai jenis ikan mudah didapati di lokasi tersebut. Kemudian nelayan setempat menjadikan Ujung Dollar sebagai ladang pencarian nafkah. Oleh karena itu, masyarakat menamakannya Ujung Dollar. Kenapa harus dollar? Karena pada saat itu dalam pemahaman masyarakat dollar merupakan mata uang dengan nilai tertinggi.

Untuk menuju wisata laut Ujung Dollar memakan jarak tempuh yang cukup lama. Dari pusat kota Sinabang menuju Desa Lewak harus berkendara selama empat jam perjalanan. Sementara itu, dari Desa Lewak menuju lokasi hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit saja.

Selama perjalanan dari pusat kota Sinabang menuju Desa Lewak, kita disuguhi pemandangan alam yang begitu menawan. Sawah-sawah yang terbentang luas, pegunungan yang hijau alami menjadi penyejuk hati. Tidak luput pula kearifan budaya lokal akan terlihat sepanjang perjalanan seperti kegiatan membuat anyaman tikar, membuat atap rumah dari daun rumbia, dan lain sebagainya.

Di Ujung Dollar kita dapat menikmati keindahan laut berbekal kaca mata selam, dakor, dan sepatu bebek. Keindahan alam laut yang masih begitu alami. Terumbu karang yang belum dieksploitasi dan ikan-ikan warna-warni yang bermain di sekeliling kita menjadi nilai tambah keseruan saat diving.

Kendatipun wisata Ujung Dollar belum dikelola dari pihak pemerintah maupun swasta, tetapi saat ini wisata Ujung Dollar masih menjadi referensi nomor satu masyarakat setempat sebagai tempat berlibur pada akhir pekan. [fer]