Tahukah Kamu Siapa Penemu Bakso?

0
Source: nutomo.com

Siapa sih yang tak kenal bakso, makanan berbentuk bola kecil yang biasa terbuat dari campuran daging atau ikan ini? Eksistensi bakso sangat luar biasa, ia mampu menghipnotis banyak peminat dari berbagai kalangan, usia, dan daerah. Apalagi kalau sudah musim hujan, pelanggan bakso akan semakin bertambah berlipat-lipat ramainya. Begitu populernya bakso tak jarang banyak jenis dan aneka yang diinovasikan pedagang, seperti adanya Bakso Granat, Bakso Telur, Bakso Beranak, Bakso Jumbo,  dan masih banyak lagi.

Sebagai pecinta bakso, pernakah kita terfikir siapa yang menemukannya?

Sebagian riwayat mengatakan, sejarahnya pada masa Dinasti Ming, sekitar awal abad ke-17 di sebuah perkampungan Cina yang bernama Fuzhou tinggalah seorang lelaki bernama Meng Bo. Ia hanya tinggal berdua bersama ibunya. Kondisi ibunya yang dimakan usia sudah tidak mampu mengkonsumsi makanan keras seperti daging dan ikan lagi.

Meng Bo yang merasa prihatin akan ibunya yang suka memakan daging ingin mencari alternatif agar rasa sedih sang ibu terobati. Disuatu ketika, Meng Bo melihat tetangganya menumbuk beras untuk dijadikan kue Mochi. Atas kejadian itu ia terispirasi untuk membuat makanan khusus dari daging yang digiling. Dengan berbagai mekanisme dan cara akhirnya Meng Bo berhasil menciptakan makanan yanh saat ini dikenal dengan sebutan Bakso.

Bakso sendiri ternyata berasal dari dua kata, yakni 'bak' yang berarti babi dan 'so' yang bermakna makanan. Jadi arti original bakso selaku ditemukan di Cina adalah makanan dari daging babi. Namun seiring berjalannya waktu, dimana bakso dikenal diseluruh penjuru dunia, ia mendapat inovasi dan perubahan. Seperti di Indonesia, berhubung babi diharamkan oleh umat muslim, masyarakat Indonesia membuat bakso dari bahan daging sapi atau ayam dan ada juga bahan lainnya.