Telepon Sahabat Anak (TeSA 129) Aceh

0
Source: Pixabay.com

Tindak kekerasan, baik berupa kekerasan fisik dan non fisik sering terjadi pada anak. Kasus eksploitasi pada anak juga sering muncul di media dan telah menjadi bahan pembicaraan di berbagai kalangan. Angka-angka statistik mengenai tindak kekerasan terhadap anak meningkat dengan cukup signifikan.

Berangkat dari kondisi yang cukup memprihatinkan ini, kami melakukan upaya komprehensif untuk memberikan perlindungan dan perhatian kepada anak-anak yang mengalami tindak kekerasan. Sebuah layanan telepon bebas pulsa bernama TeSA 129 disediakan untuk anak-anak yang memerlukan konseling atau sekedar berbagi informasi. Layanan gratis ini diperuntukkan bagi anak-anak dan masyarakat wilayah Aceh.



1. Apa itu TeSA 129?

TeSA 129 atau Telepon Sahabat Anak adalah layanan telepon bebas pulsa dengan nomor 129 yang menyediakan informasi dan konseling serta perlindungan dan perhatian bagi anak-anak. Layanan ini juga merespon telepon dari anak-anak yang ingin curhat mengenai masalah hak-hak anak, kekerasan yang mereka alami atau yang dialami oleh anak-anak lainnya.

Saat ini TeSA juga telah memiliki layanan baru yaitu :

Nomor Telp : 129 (XL Bebas Pulsa)

Nomor Telp : 021129 (Telkomsel, dll) 

e – mail : tesa129aceh@yahoo.co.id

Fecebook : TesaAceh, PIN :D4B1179F

TeSA 129 didukung oleh tenaga-tenaga profesional di bidangnya masing-masing seperti dokter, ahli hukum, psikolog dan juga polisi, yang siap membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi anak-anak. Yang perlu dilakukan anak-anak jika ingin berkonsultasi hanyalah menekan nomor 129. Operator TeSA 129 akan menjawab dan siap menjadi teman curhat serta pendamping bagi siapapun yang menelepon.

2. Kapan Waktu Layanannya?

TeSA 129 bisa diakses oleh siapapun, termasuk oleh orang dewasa yang mewakilii anak. Waktu layanan TeSA adalah setiap

Senin s.d. Jum’at Pulkul 08.00 WIB s.d. 18.30 WIB 

3. Apa Saja Layanannya?

TeSA 129 menyediakan layanan seperti Informasi Hak-hak anak, Konseling Anak via Telp, Pengaduan Kekerasan Anak, Eksploitasi Anak, KDRT, Informasi lain tentang anak dan bahkan bisa menjadi teman curhat bagi anak.

4. Siapa Saja Mitra Tesa 129?

Rujukan/mitra dari Tesa 129 adalah Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Aceh, P2TP2A, Dinas Sosial Aceh, PPA Polda dan LSM Anak.

Nah, Bagi adik-adik yang ada di indonesia khususnya yang ada di provinsi Aceh sekarang sudah ada wadah buat kalian semua. Apakah adik-adik mau bercerita tentang keseharian atau mau melapor bila ada tidak kekerasan terhadap anak, atau mau sharing informasi dengan operator TeSA 129 Aceh, Silakan hubungi ya. Operator TeSA 129 Aceh siap melayani dengan Ikhlas, Nyaman dan Aman dan identitas akan selalu dirahasiakan dan terjaga.