Tips Agar Mudah Rezeki

0
Source: wajada.net

Sebagai manusia normal, sudah sebuah kewajaran apabila mengharapkan rezeki lebih dari biasanya. Rezeki tidak harus berwujud materi (uang) namun bisa berupa anugrah lain seperti teman, pekerjaan, relasi, bahkan jodoh. Berikut beberapa tips agar rezeki dimudahkan;

1. Shalat Dhuha dan Tahajjud

Jika ingin mudah rezeki, maka lakukanlah ibadah khusus yang dapat membuka pintu rezeki, salah satunya adalah shalat dhuha. Rasul bersabda yang artinya; "Shalat Dhuha itu dapat mendatangkan rejeki dan menolak kefakiran. Dan tidak ada yang akan memelihara shalat Dhuha melainkan orang-orang yang bertaubat."

Sedangkan shalat tahajjud merupakan ibadah di sepertiga malam yang diyakini memiliki doa yang mustajab apabila dilakukan. Jika seorang hamba memanjatkan rezeki kala shalat malam dan dhuha kala pagi menjelang siang, dan kedua shalat sunnah itu dilakukan secara istiqamah, insya Allah ia akan merasakan rezeki yang diberikan Allah lebih dari hari-hari biasanya.

2. Perbanyak Sedekah

Secara logika, jika kita memberi sesuatu pada orang lain maka kita mengurangi apa yang kita miliki. Namun dalam konteka rezeki, apa yang kita beri (sedekah) untuk pihak yang membutuhkan justru akan menambah rezeki kita sebelumnya. Allah Swt berfirman; "Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh butir, pada tiap-tiap butir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki . Dan Allah maha luas (kurnia-Nya) lagi maha mengetahui” . (Al Baqarah (2) : 261)

3. Meningkatkan Bertakwa

Secara khusus takwa adalah bentuk sikap, perbuatan, dan keyakinan dalam melaksanakan apa yang diperintahkan oleh Allah dan menjauhi apa yang dilarangnya. Takwa ternyata mampu mendatangkan rezeki bahkan tanpa diduga oleh penganutnya. Allah Swt berfirman yang artinya;

"Dan barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah, pasti akan ditunjuki kepada mereka jalan keluar. Dan diberi rezeki kepada mereka daripada jalan yang tidak disangka-sangka. Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah, maka Allah akan mencukupi baginya”. (At-Talaq:2-3)

4. Menikah                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                 

Salah satu dipermudahnya rezeki seorang hamba adalah dengan cara menikah. Bayangkan saja, menikah sendiri saja sudah sebuah karunia yang merupakan rezeki yang diidamkan setiap insan. Lebih dari itu ternyata menikah dapat membuat seorang hamba lebih konsisten dalam bekerja, lebih termotivasi, dan memiliki penasehat dalam menggunakan uangnya. Dengan begitu, secara sadar atau tidak sudah rezeki pasangan yang menikah sudah ditambahkan.

5. Mempunyai Anak

Anak adalah titipan Tuhan yang amat berharga. Ia merupakan rezeki yang tak ternilai bahkan dengan uang berapapun. Tidak semua orang bisa memiliki anak meskipun memiliki banyak harta dan jabatan. Anak adalah salah satu insan yang sudah Allah jamin rezekinya dalam Al-Qur'an. Bayangkan jika Al-Qur'an saja sudah menjaminnya mengapa harus ragu memiliki anak? Allah Swt berfirman yang artinya;

“Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut kemiskinan. Kamilah yang akan memberi rezeki kepada mereka dan juga kepadamu. Sesungguhnya membunuh mereka adalah suatu dosa yang besar.” (Qs. al-Israa’: 31)

6. Kerja Keras

Hal yang seharusnya dilakukan tapi kebanyakan dilupakan oleh umat muslim yang mengaku fanatik Islam adalah kerja keras sebagai pondasi dasar agar memperoleh rezeki. Padahal, tanpa adanya kerja keras (usaha) seorang pribadi muslim maka seolah ada mata rantai yang putus dalam memperoleh jalur rezeki yang seharusnya terus dialirkan oleh Allah Swt. Bukankah umat Islam diseru untuk bertebar ke muka bumi (kerja keras) setelah shalat jumat? Ini menandakan bahwa peran kerja itu sangat penting dan pribadi muslim harus menyeimbangkan kepentingan dunia dan akhirat.

Allah Swt berfirman; “...maka carilah rezeki di sisi Allah, kemudian beribadah dan bersyukurlah kepada Allah. Hanya kepada Allah kamu akan dikembalikan” (Qs Al-Ankabut: 17).