Video Musik Ini Layak Jadi Contoh Musisi Lain yang Mulai Pudar Nilai Ke-Acehannya

0
Source: youtube.com

Bisa dibilang, dunia musik Aceh tengah mengalami perkembangan yang signifikan dalam satu dekade ini. Para musisi baik aliran moderat maupun tradisional berlomba-lomba untuk unjuk gigi guna menjadi terbaik di bursa musik Tanah Rencong. Kendatipun terletak di ujung pulau Indonesia, irama lagu Aceh tidak kalah merdunya dibanding musik nasional bahkan internasional. Piasan Raya misalmya, sebuah senandung Aceh yang unik dan begitu inspiratif.

Secara khusus, Piasan Raya memang bukan genre musik yang dominan di Aceh. Akan tetapi justru ini keunikan yang menjadi daya tarik tersendiri yang pantas diacungi jempol. Bagaimana tidak, kendatipun bernuansa 'rapee' namun makna didalamnya sangat kental akan budi luhur Aceh. Selain mendendangkan beragam hadis maja, cuplikan dan seting serta busana, semua bercorak khas tradisional Aceh. Selain itu, kombinasi antara beragam bahasa suku yang berbeda di Aceh menjadikan lagu tersebut terasa begitu menjunjung nilai persatuan dan kesatuan antara sesama etnis Aceh.

Ragam nasehat yang menjunjung tinggi nilai seni dan budaya menjadikan musik satu ini layak untuk dijadikan contoh bagi para musisi lain yang terkadang sudah pudar sisi ke-Acehannya. Aceh sebagai daerah model syariat Islam sudah sewajarnya mendendangkan tarik suara yang tidak hanya menarik dalam aspek estetika semata namun juga aspek etika dan kepribadian luhur.

Beragam para pahlawan disebut didalamnya, mulai dari Tengku Umar, Cut Nyak Dhien, Putroe Meurehom, dan Syiah Kuala. Lebih lengkap, bisa nikmati langsung cuplikan videonya dibawah ini: