Wah, di Aceh Masih Ada Zimat yang Dapat Memikat Wanita dan Kebal Benda Tajam

0
Source:

Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, zamanpun secara peradaban berubah dari era clasik   menjadi modern bahkan postmodern. Jika dahulu para petani  membajak sawah dengan kerbau, kini dapat dilakukan dengan mesin traktor. Jika dulu para prajurit berperang dengan panah dan pedang, kini para tentara berperang dengan AK47 dan Drone.

Akan tetapi, kendatipun waktu merubah masa lalu, masih ada juga sesuatu yang berbau clasik namun masih ditemukan dizaman modern. Salah satunya adalah benda mistik atau benda yang diyakini dapat memberikan penggunanya kemampuan istimewa yang tidak bisa dilakukan oleh kebanyakan orang normal.

Aceh memang bukan daerah paling maju di Indonesia apalagi secara internasional. Namun, dengan segala apa yang dimiliki masyarakat Aceh saat ini, sudah cukup mengkatagorikan Aceh kedalam daerah yang sedang berkembang, bukan daerah yang terbelakang apalagi primitif.

Seperti yang dipaparkan sebelumnya, dimasa sekarang dimana IPTEK memainkan perannya, di Aceh khususnya, masih ada rutinitas yang melibatkan hal metafisik. Salah satunya adalah benda mistik yang konon pada zaman kerajaan Aceh digunakan sebagai salah satu alat pendukung kemampuan perang dan eksis dalam kegiatan masyarakatnya. Beberapa diantara benda mistik itu adalah;

1. Rantai Babi

Merupakan salah satu benda mistik yang dipercaya dapat memberi kekebalan tubuh terhadap benda tajam. Dari penelitian yang penulis dapatkan, Rantai Babi berasal dari taring babi hutan khusus.  Biasanya ia babi yang menyendiri dari kumpulan babi lainnya. Babi Hutan yang memiliki rantai babi di taringnya tidak bisa dilukai dan ditangkap secara biasa. Cara menangkapnya adalah dengan bersembunyi diarea sekitar dimana ia sering mandi atau istilah lazimnya berkubang. Ketika babi berkubang, demi menjaga keampuhan taring mistik, ia terpaksa melepaskannya dan meletakkannya disekitar area kubangan. Itu juga mungkin yang menjadi syarat bagi pemakai zimat Rantai Babi, bahwa sang pemakai tidak boleh mandi bila ingin benda berfungsi sebagai mana mestinya.

Rantai Babi menurut literatur sejarah di Aceh, pernah dipakai oleh salah satu prajurit perang ketika panglima Hana Manoe bertarung melawan Gadjah Mada di Desa Manyak Pahet, Aceh Tamiang.  Saat ini, Rantai Babi sangat dicari oleh kolektor benda-benda antik. Biasanya, harga Rantai Babi bisa mencapai Puluhan atau bahkan Ratusan Juta Rupiah.

2. Al-Qur'an Istanbul

Merupakan salah satu benda mistik yang berbentuk miniatur Al-Qur'an dengan ukuran sekitar 3x3x1 cm. Dari info yang didapat, mushab tersebut dapat memberikan nuansa sejuk dan dingin bagi pemakainya. Sejarahnya, mushab tersebut dibuat oleh seorang sufi didalam kobaran api yang menyala-nyala. Itu mungkin sebabnya mengapa mushab ini tidak hangus dibakar api. Bahkan bagi penggunanya dipercaya juga tidak hangus oleh kobaran api.

Menurut nara sumber yang penulis wawancarai, pada masa perang, salah satu kelebihan mushab tersebut juga dapat membuat lawan (tentara jepang pada masa itu), tidak melihat pemakainya ketika melewati posisi mereka berdiri. Masih banyak juga mushab lain yang memiliki bermacam kelebihan dan keunikan. Salah satunya adalah mushab Al-Qur'an yang berbentuk ikat pinggang. Diyakini dapat memberikan kemampuan kebal bagi pemakainya.

 3. Ekor Cicak Bercabang Dua

Lazimnya, cicak sebagai salah satu hewan melata ini memiliki ekor tunggal yang tak bercabang. Akan tetapi, di Aceh masih ditemukan beberapa ekor cicak langka yang memiliki ekor bercabang dua. Bagi pengguna mistik, ekor cicak langka tersebut diambil dan dikeraskan dengan cara menyetrikanya hingga kering. Kemudian diletakkan didalam dompet sebagai zimat. Konon, dari penelitian penulis, penggunanya dapat memiliki keberuntungan ekstra dalam perjudian. Dalam memaksimalkan fungsi zimat ekor cicak tersebut, pengguna biasanya menirukan suara cicak sesaat atau dalam masa permainan.

4. Batu Kelapa

Merupakan sebuah benda keras berwarna putih susu seperti kelereng kecil. Biasanya, didapat dari buah kelapa langka. Konon, batu tersebut dapat digunakan untuk menarik para pelanggan bagi kebutuhan dagang penggunanya. Selain dipercaya sebagai daya tarik pedagang, batu kelapa memiliki efek 'anti basi' bila diletakkan satu wadah bersama  makanan. Sebagai contoh, jika semangkuk gulai bisa basi dalam kurun 1 hari, gulai yang diletakkan batu kelapa didalamnya, dapat bertahan berhari-hari lamanya.

5. Batu Lintah

Batu Lintah adalah salah satu benda mistik yang dipercaya dapat membawa keberuntungan baik dalam memikat rezeki maupun wanita. Konon batu tersebut berasal dari lintah langka yang setelah melakukan ritual tertentu akan mengeras bagaikan batu. Pengguna batu lintah ini kabarnya bisa memikat hati wanita. Cukup hanya melakukan kontak fisik 'colekan' jari semata. Menurut nara sumber, wanita yang sudah dicolek akan mati-matian mengejar lelaki pengguna batu lintah tersebut.