Wah! Ternyata Hanya Dua Penyanyi Aceh Ini yang Sukses Tembus 1 Juta Viewer di Youtube

0
Source: youtube.com

Bisa dibilang, bursa musik Aceh saat ini tengah meningkat pesat. Beragam penyanyi lokal dengan variasi musik dan coraknya hadir berkompetisi guna menjadi yang terbaik di tanah rencong. Dari semua penyanyi yang ada di Aceh, ternyata mereka masih kesulitan dalam memperoleh 1 juta pengunjung versi youtube. Hal tersebut tentu tak terlepas dari bahasa lagu yang digunakan, namun jika itu alasannya maka terbantahkan oleh lagunya Via Vallen yang sukses memperoleh 121 juta viewer walau didendangkan dengan bahasa daerah juga.

Setidaknya ada dua penyanyi Aceh yang saat ini sukses tembus di atas 1 juta viewer di youtube, diantaranya:

1. Bergek

Penyanyi yang satu ini memang sangat fenomenal. Selain lucu, lagu-lagunya sangat diminati warga Aceh hingga rasanya tak ada satu orangpun di Aceh yang tidak kenal siapa dan apa lagunya Bergek. Saat ini Bergek bisa dikatakan sebagai penyanyi paling populer di Aceh. Hal tersebut terbukti dari beragam albumnya yang meledak di pasaran dan di dengar pada radio bahkan smartphone masyarakat Aceh.

Di youtube, lagu Bergek juga terbukti sangat populer dibandingkan lagu-lagu Aceh lainnya yang pernah eksis. Sebagai contoh, lagu ‘Dumpue Na’ yang didendangkat penyanyi humoris ini mampu memperoleh hingga 5,1 Juta pengunjung di youtube. Selain itu, lagu-lagu Bergek tak kalah populernya seperti Boh Hate Ka Meuho dengan 4,5 Juta viewer, Cui-Cui Hate dengan 3,4 Juta viewer dan masih banyak lagi.

2. Apache 13

Merupakan sebuah grup band Aceh yang tergolong sangat muda baik kelahiran bandnya maupun para anggotanya. Kendatipun demikian, Apache terbilang sukses dalam mengambil simpatisan masyarakat Aceh untuk menjadi penggemarnya. Apalagi lagu-lagu yang dibawa oleh Apache 13 merupakan musik original yang tidak meniru nada atau lirik musik apapun.

Eksistensi Apache 13 terbukti dari beberapa lagunya yang sukses menembus 1 juta viewer di youtube. Diantaranya adalah lagu Lemoh Aneuk Muda dengan 1,8 juta viewer dan lagu Bek Panik yang berhasil meraup pengunjung sekitar 1,1 juta viewer di youtube.

Sejauh ini, hanya dua penyanyi Aceh tersebut yang berhasil viral dengan lagu-lagu kebanggaannya. Sementara para pemusik tanah rencong lainnya seperti Rafly hanya mampu memperoleh sekitar 600 ribu viewer di youtube dengan lagu lawasnya, Seulanga.

Begitu juga dengan para penyanyi asal Aceh lainnya seperti Kaka Aulia yang baru mampu memperoleh 800 ribu-an viewer melalui lagu terbaiknya, Tujuh Purnama. Disusul oleh Joel Keudah (2 GO 5) dengan viewer sekitar 500 ribuan, serta Liza Aulia yang amat kental dengan nilai ke-Acehannya namun baru mampu memperoleh viewer sekitar 300 ribu viewer di youtube.