Wajah Baru Tahura Saree Aceh Besar

0
Source: ig aceh

Tahura (Taman Hutan Raya) Saree Aceh Besar merupakan salah satu objek wisata yang harus dikunjungi. Sebuah tempat yang tak asing lagi bagi wisatawan Aceh ini dapat ditempuh dengan jarak 70 Km dari Banda Aceh. Taman hutan raya memiliki nama Tahura Meurah Intan yang terletak di kawasan hutan Seulawah Agam.

Menuju Tahura

Untuk menuju ke Tahura, kita terlebih dahulu sudah terhipnotis dengan pemandangan yang sangat bagus. Melewati tikungan terjal yang di kiri kanannya terdapat ladang dan taman. Di setiap ladang diisi dengan pohon-pohon pinus yang menjulang.

Memasuki kawasan Tahura, terlebih dahulu kita menuju ke pos jaga untuk mendapatkan karcis yang biasa dijual dengan harga 3000-5000 per orang. Setelah itu kita bisa mendapatkan kesempatan menikmati keindahan tempat ini.

Keindahan kawasan Tahura

Ada rasa kesyukuran yang tak terhingga ketika berada di sini. Ucapan terimakasih tersematkan untuk masyarakat setempat yang telah mau menjaga dan merawatnya.  

Objek terbesar yang menjadi impian semua orang untuk mengunjungi tempat ini adalah Rumah Pohon. Di objek ini sangat diminati wisatawan muda untuk beraksi wefi ria dan bermain Trekking. Kamu bisa mendapatkan kesempatan uji nyali dengan permainan yang sederhana ini.

Di sebelah kanan dari Rumah Pohon ini terdapat berbagai jenis tumbuhan liar dan terdapat juga tumbuhan yang sedang dibudidayakan seperti cabe, kunyit, jahe, dan kebun sayur. Ada kolam pemandian untuk anak-anak yang dikelilingi dengan taman bunga hiasan yang bermacam-macam. Namun, pada kunjungan pertama kami, kolam ini belum diisi dengan air. Selain itu, terdapat juga kolam ikan yang dikelilingi oleh beragam tanaman air.

Taman hutan raya menjadi sangat indah karena latar belakangnya ditanami dengan pohon pinus merkusii. Hawa yang berasap dapat kamu temukan di celah-celah pohon pinus pada waktu mendung dan hujan. Tempat wisata ini adalah lokasi yang tepat untuk kamu sejenak melepas kejenuhan.

Tujuan ekspedisi

Tahura juga menjadi salah satu tujuan lokasi bagi siswa siswi yang mau melakukan ekspedisi tentang pengenalan jenis flora, karena di sini hampir semua tumbuhan yang dirawat itu memiliki nama yang lengkap dengan nama latinnya.

Tidak hanya itu, bagi yang menggemari membaca, kamu juga bisa menemukan perpustakaan yang letaknya tepat di pojok kirinya Rumah Pohon. 

Kantin Tahura

Jika tidak membawa bekal kita bisa menemukan kantin yang letaknya tak jauh dari pos jaga. Namun demikian kitajuga dijinkan membawa makan sendiri, asalkan tetap menjaga kebersihan. Di sini juga telah disediakan tempat sampah khusus untuk sampah-sampah kering dan basah.

"Wajah baru Tahura sekarang adalah cerminan Tahura di masa akan datang"

__ __ __