Wisata Hutan Kota Langsa, Aset Paru-Paru Dunia

0
Source: statusaceh.net

Jika anda pecinta alam, sudah sewajarnya anda mengunjungi objek wisata yang satu ini, Hutan Kota di Langsa yang diklaim sebagai salah satu aset Paru-Paru dunia. Secara geografis, lokasi wisata ini berada di Jalan Perumnas, Desa Paya Bujok Seulemak, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa, Aceh. Dalam perjalanan menuju ke lokasi yang harus diapresiasikan ini, wisatawan setidaknya harus menempuh jarak sekitar 6 kilometer yang bisa ditempuh dengan durasi 20 menit dari pusat Kota Langsa. Tersedia berbagai fasilitas kendaraan umum, atau pengunjung juga dapat menggunakan kendaraan pribadi masing-masing untuk mempermudah sampai ditujuan.

Wisata yang dikembangkan pemerintah sebagai media edukasi ini, tidak hanya diramaikan pengunjung dari dalam kota saja, Hutan Kota Langsa juga sering dipadati oleh wisatawan dan pecinta alam dari luar daerah seperti Aceh Timur,  Tamiang, Aceh lainnya, bahkan juga ada yang beranjak dari Sumatra Utara. Hal tersebut tak terlepas dari letak geografis Kota Langsa yang lebih dekat dengan Sumatra Utara di bandingkan dengan Kota Banda Aceh.

Apabila pengunjung memasuki gerbang pintu masuk Hutan Kota, wisatawan akan berpapasan l dengan kandang-kandang hewan seperti  Rusa, Kera, Musang, Landak dan berbagai jenis burung, Ular bahkan Buaya. Sepwrti nuansa kebun binatang, wisatawan bisa memberi makan rusa dengah membeli wortel yang telah dipaketkan dengan harga Rp. 2.000. Bagi anak-anak yang harus didampingi dengan orang tuanya, memberi makan Rusa secara langsung adalah pengalaman unik dan sangat menyenangkan.

Bila menelusuri lebih dalam, Hutan Kota Langsa tersusun dan tertata dengan cukup rapi, pepohonan hijau tumbuh dengan rimbun serta berhiaskan bunga-bunga beragam warna. Beragam pohon yang ditanam di hutan ini antara lain adalah pohon kayu Damar, Merbau, Jati, Meranti dan Sawit. Eksistensi pepohonan di hutan ini tentu menciptakan suasana yang rindang, sejuk dan asri, udara segar yang terbebas dari polusi juga bisa dihirup oleh para wisatawan.