Wisata Ie Suum: Tempat Yang Paling Cocok Untuk Merileksasikan Tubuh Anda

0
Source: aceh.tribunnews.com

Padatnya  rutinitas sehari-hari pasti akan membuat tubuh Anda lelah. Di akhir pekan, saatnya mengobati lelah dan letih Anda. Alam yang masih asri bisa Anda jadikan obatnya. Anda bisa mencoba berendam di pemandian air panas Ie Suum, Aceh Besar.

Aceh Besar ternyata tidak hanya terkenal dengan pantai indah dan air terjunnya, ternyata juga ada pemandian air panas alami, Ie Suum dalam bahasa indonesia berarti Air Panas. Pemandian air panas Ie Suum ini terletak di desa Ie Suum, Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar.

Di sini Anda dapat merasakan sensasi berendam di air panas yang berada persis di kaki bukit Gunoeng Meuh (Gunung Emas) sambil menikmati indahnya perbukitan yang mengelilingi. Selain itu, pengunjung dapat melihat-lihat aliran air panas di sekitar kaki bukit yang berbentuk saluran-saluran kecil yang mengeluarkan asap. Sumber air panas itu sendiri berasal dari gunung berapi Seulawah

Dari Kota Banda Aceh, jaraknya sekitar 45 km dengan akses jalan yang sudah mulus. Sekitar 1 jam perjalanan, di akhir pekan, bising dan debu dari hilir mudiknya motor dan mobil di jalan satu jalur yang padat. Maklum, sepanjang jalan Banda Aceh – Krueng Raya banyak sekali tempat tujuan wisata.

Melewati Kota Banda Aceh, Anda akan menjumpai kawasan memancing Lamnga, wisata Ujong Batee, titik wisata Ruyung, Ladong, Pelabuhan Malahayati, sampai Pantai Pasir Putih Lhok Mee. Untuk menuju ke pemandian air panas Ie Suum, Anda tidak perlu melewati Pelabuhan Malahayati.

Sedikit lewat Terminal BBM Pertamina, belok kanan di jalan yang sedikit menanjak, terus jalan hingga sampai di Desa Ie Suum. Anda cukup merogoh kocek Rp 3 ribu rupiah, atau Rp 5 ribu rupiah per sepeda motor. Tarif ini cukup murah jika dibandingkan dengan lokasi tempat wisata lain di Aceh Besar.

Tiba di lokasi pemandian air panas Ie Suum ini, Anda akan disuguhkan pemandangan perbukitan yang masih asri. Selain itu, sejumlah fasilitas penunjang cuku lengkap. Dari mushala, kios penjual makanan dan minuman ringan, lokasi permainan anak, kolam pemandian air panas, dan fasilitas lainnya.


credit image: malahayati.ac.id

Nah, untuk bisa berendam di kolam air panas, Anda cukup merogoh kocek lagi Rp 5 ribu rupiah perorang. Disini terdapat 2 kolam besar, satu buat kaum hawa dan satu buat kaum adam. Masing-masin pemandian mempunyai kolam kecil yang dangkal khusus buat anak-anak. Selain itu, juga terdapat tempat berganti pakaian.


credit image: acehnews.net

Sambil berendam di kolam hangat ini, Anda bisa menikmati gugusan awan putih di langit, menikmati hamparan pohon hijau di bukit hijau yang mengelilingi pemandian air panas ini, dan mendengar suara jangkrik hutan.

Setiap hari libur, khususnya hari sabtu dan minggu, ratusan wisatawan lokal maupun luar memadati kawasan ini. Warga setempat yang sejumlah besar petani bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan berjualan di kawasan ini.


Sumber: loveaceh.com