Wisata Pantai Jilbab Aceh Barat Daya

0
Source: gataitapak.com

Keunikan merupakan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan mengunjungi atau mencari tahu tempat wisata. Dengan adanya suatu keunikan menjadikan sebuah objek layak untuk dikunjungi dan dipromosikan di akun sosmed.

Di Aceh Barat Daya, yang  merupakan kabupaten pemekaran dari kabupaten Aceh Selatan tersebut memiliki salah satu tempat wisata yang bernama unik, yaitu; Pantai Jilbab. Seperti kita ketahui, jilbab merupakan salah satu pelengkap busana islami dibagian kepala wanita. Bertujuan menutupi aurat wanita khususnya bagian kepala hingga dada. Lantas apakah Pantai Jilbab Abdya memiliki tekstur atau bentuk seorang wanita? Atau dataran pesisirnya seolah menggambarkan jilbab?

Ternyata, dibalik penamaan Pantai Jilbab di Abdya tidak ada kaitannya dengan tekstur maupun bentang alamnya. Pengistilahan nama Jilbab pada pantai tersebut disebabkan karena faktor sejarah masyarakatnya. Menurut salah satu sumber dijelaskan bahwa, sebelumnya pantai Jilbab bernama Pantai Susoh. Berhubung sering digelar razia jilbab bagi kaum perempuan oleh pihak berwajib, lama kelamaan pantai tersebut diistilahkan dengan pantai Jilbab.  

Pantai Jilbab sudah menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakata sekitar. Bahkan pantai ini juga sering di kunjungi oleh masyarakat tetangga Aceh Barat Daya seperti, Aceh Barat, Nagan Raya dan juga Aceh Selatan. Pesona pantai jilbab tidak kalah jauh dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Aceh. Bila anda pecinta sunset,  mata Anda akan dihipnotis dengan pemandangan alam yang sangat luar biasa dan indah di sore harinya.

Tidak jauh dari Pantai Jilbab, bisa ditemukan pulau kecil yang menarik dan bernuansa wisata tinggi. Pulau tersebut biasanya disebut Pulau Gosong yang berjarak sekitar 1 KM dari pantai jilbab. Disana pengunjung dapat menikmati keindahan pasir putih dan trumbu karang yang memanjakan mata.