Yuk! Mengenal Lebih Dekat Kraftologie, Usaha Kreatif Banda Aceh yang Mengispirasi

0
Source: aceh.net

Aceh merupakan daerah di Indonesia yang tidak hanya eksis dalam aspek religi dan spiritual keagamaan semata, melainkan Aceh juga memiliki para entrepreneur kreatif yang dapat mengispirasi berbagai kalangan dalam memahami arti keindahan seni dan daya saing ekonomi Aceh di masa yang akan datang. Salah satunya adalah Kraftologie, Art Gallery yang terletak di Jln.Gabus No.40 Lampriek, Banda Aceh.

Kraftologie merupakan salah satu usaha ekonomi kreatif Aceh yang menjual produk hasil kerajinan tangan dan menyediakan pelayanan dekorasi kamar pengantin dengan merek terdaftar dan kualitas tinggi. Beberapa produk diantaranya seperti Bad Cover, Cover Mushaf, Bantal Kursi, Tissue Box Cover, dan berbagai koleksi lainnya. Lebih lengkapnya peminat dapat mengunjungi dan melihat langsung kontennya di kraftologie.com.

Kraftologie merupakan bisnis kreatif yang didirikan dan dikembangkan oleh Riva Syamsuddin yang terispirasi dari aktivitasnya selama 16 tahun di Amerika Serikat. Tidak hanya itu,Ia juga mengambil  study craft di Negri Paman Sam yang mengindikasikan bahwa baik secara pengalaman maupun keilmuan Ia memiliki kapasitas yang tinggi dalam menghasilkan produk berkualitas internasional.

Selain itu, kraftologie teryata bukan hanya memberikan perannya dalam peningkatan aset perekonomian semata, namun juga turut membantu Aceh dalam mencerdaskan masyarakatnya khusunya dalam seni kerajinan tangan melalui program kelas-kelas yang melatih dan meningkatkan kreativitas bagi pengunjung yang berminat.

Kraftologie memfasilitasi beragam kelas bagi para pengunjung yang ingin memiliki skil dan daya cipta tersendiri. Seperti kelas membatik, melukis di bermacam wadah, merangkai bunga, scrapbook 3 D, menyulam kain, paper flower, merajut, membuat bed cover dan masih banyak lagi. Bahkan menurut Riva sendiri selaku pemilik usaha unik ini, setiap hasil yang sudah jadi dalam proses belajar-mengajar boleh dibawa pulang oleh pihak yang bersangkutan.  Sungguh mengispirasi, kraftologie bukan hanya bergerak dalam penjualan yang memetingkan omset semata. Tapi juga bergerak dalam melahirkan generasi selanjutnya bagi Aceh khususnya dalam menyelami dunia kerajinan tangan.